Langsung ke konten utama

Prosedur Cara Bayar Pajak Motor Atas Nama Orang Lain Dengan Mudah

Cara Bayar Pajak Motor - Mengeluarkan sejumlah uang guna membayar pajak kendaraan bermotor merupakan pekerjaan rutin yang dilakukan setiap tahun untuk pemilik kendaraan bermotor. Tentunya bagi siapa saja yang tidak dapat memenuhi aturan pembayaran pajak kendaraan atau perpanjang STNK motor akan dikenai denda ketika membayar pajak kendaraan bermotor pada tahun berikutnya. Mengenai siapa yang dapat mengurus pembayaran pajak tidak begitu dipermasalahkan, sebab saat ini mengurus pembayaran pajak kendaraan bermotor dapat diwakilkan. Lalu, bagaimana cara bayar pajak motor atas nama orang lain? Berikut penjelasannya.

Adapun ketentuan bayar pajak motor diwakilkan atau pemilik tidak dapat mengurus perpanjang STNK sendiri. Syarat dan ketentuan tersebut wajib diindahkan supaya perpanjangan STNK kendaraan bermotor dapat berjalan dengan lancar. Mengenai syarat dan ketentuannya antara lain jika yang mewakilkan itu istri atau suami, maka diperbolehkan. Selanjutnya, apabila yang mewakilkan bukan istri atau suami namun salah satu anggota keluarga, maka harus menyiapkan surat keterangan dari RT dan fotocopy KK. Apabila yang mewakilkan tersebut orang lain (tetangga) maka harus dilengkapi dengan surat kuasa bermeterai 6.000.
cara bayar pajak motor lewat atm,cara bayar pajak motor online,cara bayar pajak motor tanpa bpkb,cara bayar pajak motor 5 tahunan,bayar pajak motor kredit,bayar pajak motor bukan atas nama sendiri,

Baca Juga : Cara dan Syarat Bayar Pajak Motor Tahunan

Cara bayar pajak motor atas nama orang lain tidak begitu rumit, asalkan ketentuan dan syaratnya dapat dipenuhi. Bagi yang ingin mewakilkan untuk memperpanjang STNK kendaraan bermotor atas nama orang lain, Anda harus menyiapkan bukti dan kelengkapan seperti KTP pemilik kendaraan bermotor yang tercantum dalam STNK dan 1 foto copynya. Selain itu, siapkan pula STNK asli dan 1 foto kopinya dan BPKB asli dan 1 foto copynya.
Apabila persyaratan tersebut sudah dipenuhi dan sudah dimasukkan ke dalam map maka pembayaran dapat dilakukan di kantor Samsat. Adapun cara perpanjang STNK motor atas nama orang lain antara lain adalah sebagai berikut:
  • Cek fisik
  • Untuk perpanjang STNK dalam jangka waktu 5 tahun kendaraan harus dibawa guna melengkapi berkas hasil cek fisik untuk persyaratan STNK.
  • Pendaftaran
  • Dokumen persyaratan diserahkan ke bagian pendaftaran dan Anda akan mendapatkan seperti surat yang menerangkan tidak ada masalah dengan kendaraan Anda.
  • Perpanjangan
  • Serahkan semua dokumen dan persyaratannya ke petugas, termasuk surat keterangan yang telah didapatkan di bagian pendaftaran.
  • Pembayaran pajak kendaraan
  • Bayarlah pajak sesuai dengan nominal pajak yang sudah ditentukan.
Setelah cara bayar pajak motor atas nama orang lain diatas sudah selesai maka Anda tinggal mengambil STNK dan SKPD atau surat ketetapan pajak daerah. Selain itu, KTP juga dapat diambil kembali. Selanjutnya jika STNK dan SKPD sudah diambil maka Anda dapat mengambil plat nomor baru kendaraan yang tadi sudah didaftarkan. Bagaimana, tidak sulit bukan memperpanjang STNK tetapi diwakilkan? Saran bagi yang berencana ingin memperpanjang STNK kendaraan bermotor supaya datang lebih awal karena antriannya cukup panjang.


loading...
Theme Editor by Seo v6