Jumat, 08 September 2017

Bagaimana Cara Pembayaran BPJS Lewat Atm BCA

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara pembayaran BPJS lewat ATM BCA. BPJS atau Badan penyelenggara Jaminan Sosial merupakan salah satu lembaga pemerintah yang menyelenggarakan jaminan kesehatan masyarakat Indonesia dengan sistem iuran. Iuran ini sifatnya gotong royong, yang mampu membantu yang kurang mampu dan yang tidak mampu akan dibantu karena besaran iuran berbeda, tergantung kemampuan ekonomi seseorang. Iuran BPJS ini dibagi menjadi 3 kelas, kelas pertama sebesar 25.500 untuk rakyar tidak mampu, kelas kedua dan pertama untuk mereka yang merasa mampu.

Ketika awal mula munculnya sistem BPJS banyak orang yang merasa ribet karena pembayaran BPJS hanya bisa lewat bank. Namun sering berjalannya waktu, pembayaran BPJS bisa menggunakan ATM. Pembayaran melalui ATM ini bisa dari berbagai bank seperti cara pembayaran BPJS lewat ATM BCA dan juga cara bayar BPJS lewat atm BNI. Seperti yang Anda tahu, BCA merupakan bank besar berskala Asia. Pembayaran melalui ATM dianggap mudah karena tidak perlu repot mengantri ke bank. BCA pun memberikan kemudahan bagi nasabahnya untuk membayarkan iuran BPJS melalui ATM.
cara bayar bpjs pake atm bca,pembayaran bpjs lewat atm mandiri,pembayaran bpjs lewat atm bni,pembayaran bpjs lewat atm cimb niaga,bayar bpjs tanpa atm,bayar bpjs lewat internet banking,

Baca Juga : Bagaimana Pembayaran BPJS lewat ATM Mandiri

Tata cara pembayaran BPJS antar satu bank dengan bank lainnya berbeda, termasuk menggunakan ATM karena setiap mesin ATM dari setiap bank memiliki sistem dan runtutan berbeda. Lantas, bagaimana cara pembayaran BPJS lewat ATM BCA, inilah caranya.

1   1.     Masukkan ke mesin ATM
Pertama kali Anda harus menyiapkan kartu ATM BCA, tentu Anda harus terlebih dahulu menjadi nasabah bank BCA. Jika belum, maka buat terlebih dahulu rekening Bank BCA dan barulah Anda bisa memiliki ATM dan menggunakannya. Selanjutnya masukkan ATM ke dalam mesin.

2.       Ikuti penunjuk yang muncul dalam layar monitor mesin ATM.
Setelah memasukkan ATM ke dalam mesin, Anda akan diminta untuk memilih bahasa yang digunakan, Indonesia atau inggris. Anda akan diminta untuk memasukkan PIN, pastikan PIN yang Anda masukkan benar. Anda harus memilih diantar berbagai pilihan, kemudian pilih “BAYAR”/BELI”. Pilih menu LAINNYA. Lanjutkan dengan memilih menu BPJS, pilih BPJS KESEHATAN atau BPJS KETENAGAKERJAAN. Kemudian pilih menu INDIVIDU, jika Anda membayar individu atau BADAN USAHA jika Anda membayarkan karyawan.

3.       Memasukkan kode 89888
Cara pembayaran BPJS lewat ATM BCA selanjutnya adalah dengan memasukkan kode BPJS untuk Bank BCA, yaitu 89888 diikuti dengan 11 digit angka dari belakang VIIRTUAL ACCOUNT (Anda bisa melihat nomor pada kartu BPJS) dan tekan BENAR. Pastikan nomor yang Anda tekan benar.

4.       Masukkan jumlah uang yang Anda bayarkan
Langkah selanjutnya yaitu dengan memasukkan angka atau jumlah yang Anda bayarkan sesuai dengan kelas. Jika Anda membayar BPJS untuk satu bulan, maka masukkan angka 1 dan 2 untuk dua bulan.

5.       Lakukan konfirmasi
Melakukan konfirmasi adalah tahap akhir pembayaran BPJS. Setelah mengikuti semua langkah sebelumnya, Anda akan diminta konfirmasi yang muncul pada layar monitor. Sebelum melakukan konfirmasi ketik dahulu angka 1. Setelah itu baru pilih YA. Pembayaran BPJS pun selesai dan jangan lupa mengambil kartu ATM Anda kembali.

Setiap bank tentunya memiliki kebijakan tersendiri. Tak terkecuali Bank BNI yang memiliki sistem auto debet sehingga Anda tidak perlu membayar iuran dari bank ataupun setor melalui ATM. Cara bayar BPJS tanpa ATM ini sangat praktis karena hanya perlu menabung dan otomatis tabungan Anda akan terpotong setiap bulannya. Beberapa bank memang menyediakan sistem ini seperti Bank Mandiri dan termasuk BCA juga. Demikian ulasan mengenai cara pembayaran BPJS lewat ATM BCA.
Bagaimana Cara Pembayaran BPJS Lewat Atm BCA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lomba Cindra